Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

PENYAKIT INSOMNIA ATAU SUSAH TIDUR


Mungkin jadi momok tersendiri buat kalian pencinta gosip yang susah tidur. Insomnia bisa jadi musuh terbesar kita, karena waktu istirahat bakal jadi waktu senggang buat ngitung jumlah domba atau bahkan muter sana sini keliling tempat tidur. Stt.. insomnia atau susah tidur juga bikin frustasi lho.


Tidur emang jadi kebutuhan penting. Tanpa tidur kita bakal kalah sebelum berperang plus dibayang-bayangi gangguan mood, emosi, konsentrasi dan jadi malas. Paling engga’ kalian musti tidur rata-rata 8


Gejala Insomnia - Gejala Susah Tidur :



  • Mengeluh kesulitan tidur

  • Tidur tidak tenang

  • Kesulitan menahan tidur

  • Sering terbangun ditengah malam

  • Sering terbangun lebih awal

  • Alami gangguan di siang hari : lelah, konsentrasi terganggu, memori terganggu, sakit kepala, mudah marah, mengantuk di siang hari.

Penyebab Insomnia - Susah Tidur :



  • Konsumsi Kopi - Begadang: Banyak orang mengandalkan kopi sebagai dopping buat melek di malam hari.

  • Nikotin : Dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam.

  • Kafein : Termasuk dalam klan kafein adalah cokelat, teh dan soda. Bisa juga makanan kaleng atau siap saji.

  • Makanan pedas dan asam : Makanan ini akan membuat perut menjadi panas dan nyeri.

  • Penyebab Lain ; stress atau kecemasan, depresi, kelainan/penyakit kronis, efek samping obat, kurang berolah raga, perubahan lingkungan.

Cara Mengatasi Insomnia :



  • Dengan obat-obatan sesuai petunjuk dokter. Konsumsi obat ini harus dibarengi praktek tidur yang baik.

  • Menghindari kebiasaan tidur siang yang lama, waktu tidur dan bangun sesuai jadwal yang sama setiap hari

  • Mengurangi kekawatiran atau kecemasan, melakukan peregangan perlahan sebelum tidur.

  • Hilangkan semua minuman yang mengandung kafein setelah pukul 18.00.

  • Kurangi atau berhenti sama sekali merokok, hindari alkohol sebelum tidur

  • Hindari makan berat 3-4 jam sebelum tidur

  • Makanlah sedikit makanan ringan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur,
    Olahraga ringan secara teratur

  • Hindari setiap kegiatan yang berat sebelum tidur

  • Tidak pergi ke tempat tidur anda sampai anda merasa lelah.

  • Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir minggu.

  • Tidak menonton televisi, makan atau membaca di tempat tidur.

  • Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.

  • Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur

Back To Top