Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

INFORMASI MENGENAI PENYAKIT TULANG


Permasalahan mengenai penyakit tulang adalah sangat kompleks, mengenai kategori, secara umum penyakit pada tulang seperti penyakit pada anggota tubuh lainnya dapat digolongkan sebagai berikut:


  1. Kelainan bawaan, misal:osteogenesis imperfecta, sindrom marfan, sindrom Aperts, dll

  2. Radang/inflamasi, baik yang spesifik seperti osteomielitis TBC, osteomielitis sypilis, maupun yang non spesifik.

  3. Trauma, berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan dan sebagainya.

  4. Tumor, berbagai tumor jinak dan ganas, primer dan sekunder termasuk dalam dalam golongan ini.

  5. Degeneratif. Kelainan ini bisa primer akibat proses menua, atau sekunder akibat kelainan tulang yang lain. Contoh: low back pain, cervical pain, neck shoulder arm syndrom, dll

  6. Termasuk di sini penyakit yang tidak dapat digolongkan dalam kategori di atas, seperti avitaminosis, kelainan metabolik (seperti kelainan tulang pada hiperparatiroid, dll), kelainan tulang yang belum diketahui sebabnya (seperti paget̢۪s disease of the bone), dll.
Mengenai gejala dan penatalaksanaan, tentu berdasarkan penyakitnya, ada yang bisa dengan obat-obatan atau dengan bedah, penyinaran, dll. Ada yang dapat diobati berdasarkan penyebabnya, ada juga yang hanya berdasarkan gejala yang timbul (simtomatis).

Untuk lebih jelasnya kita dapat membaca literatur kedokteran tentang penyakit tulang ini. Kita dapat menemukannya pada buku-buku patologi, bedah, reumatologi, dan orthopedi.

Salah satu buku yang dapat kita baca adalah : Textbook of Disorder and Injuries of the Musculoskeletal System, karangan Salter Robert. B.

Demikian disampaikan, semoga bermanfaat.
Back To Top