Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

MINUM ES BISA BAKAR KALORI

"Jangan sering-sering minum air es, nanti perutnya buncit loo."
Selama ini pasti kita sering mendengar komentar semacam itu dan masih banyak orang beranggapan bahwa minum air es bisa menyebabkan kegemukan. Ternyata, hal itu cuma mitos belaka.

Menurut studi ilmiah, minum air es justru bisa membantu mempercepat pembakaran kalori saat proses metabolisme.

Benarkah demikian? Hal ini tentu meruntuhkan anggapan yang selama ini tertanam di benak banyak orang. Selama ini orang menghindari minum air dingin atau air dengan es batu untuk menghindari mitos kegemukan.

Penjelasannya ternyata sangat sederhana. Saat minum air es yang suhunya jauh di bawah suhu normal manusia yaitu 37 derajat celsius, tubuh kita harus melakukan penyesuaian. Yaitu dengan menyetarakan temperatur air es yang masuk ke tubuh menjadi sama dengan tubuh kita. Kita estimasikan saja suhu air es yang kita minum adalah nol derajat celsius. Maka diperlukan satu kalori untuk setiap peningkatan suhu air es satu derajat celsius

Jika kita minum 0.5 liter (16 ons) air, ada 473.18 gram air yang harus disetarakan suhunya. Jadi, dengan meminum setengah liter (16 ons) air es sehari, tubuh kita harus meningkatkan suhu 473.18 gram air dari nol derajat hingga 37 derajat celsius. Saat melakukannya, tubuh harus membakar 17.5 kalori.

Jika Anda mengikuti anjuran minum air putih delapan gelas sehari atau sekitar dua liter, akan lebih banyak kalori yang akan terbakar. Dua liter (64 ons) air sama dengan 1.882.72 gram. Menaikkan suhu air sebanyak 70 kalori.

Tapi jumlah kalori yang terbakar sebanyak itu belum signifikan jika Anda harus diet membakar 2000 kalori. Tentu saja Anda tetap harus mengimbanginya dengan olah raga teratur.



vvn
Tag : Hidup Sehat
Back To Top