Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

PENYAKIT HEPATITIS A



Penyakit Hapetitis A adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA). Transmisi VHA terjadi melalui penularan antar individu atau kontak langsung dan penularan melalui makanan dan minuman yang tercemar.

Meski penyakit hepatitis A memang tidak separah Hepatitis B dan Hepatitis C, namun tetap membawa dampak buruk bagi penderita dan masyarakat karena kehilangan masa produktifnya.

Untuk melakukan pencegahan perlu pengawasan terhadap kebersihan di lingkungan sekitar. Bila makan di luar seperti di warung makan pinggir jalan atau di kaki lima kebersihan warung juga harus diperhatikan. Sebab pada kenyataannya di warung kaki lima justru seringkali terlihat saat membersihkan piring atau gelas minuman hanya menggunakan dua ember air."Satu ember untuk mencuci yang kotor dan satu ember lagi untuk air bersih. Padahal piring atau gelas yang cuci banyak sekali," hal ini juga dapat menularkan penyakit tersebut.

Untuk mencegah penularan virus hepatisis A dianjurkan untuk mencuci semua perabotan makan dengan baik dan benar-benar bersih. Sebab hal itu adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya wabah hepatitis A. Kalau perlu air yang digunakan diberikan bubuk kaporit. Hepatits A juga dapat dicegah dengan perbaikan kebersihan sanitasi lingkungn serta melakukan pola hidup bersih dan sehat. Pola hidup bersih itu harus diterapkan baik untuk perorangan maupun keluarga seperti cuci tangan dengan sabun dan melakukan vaksinasi. Vaksin Hepatitis A saat ini merupakan cara pencegacahan yang paling efektif dalam menurunkan kasus hepatisis A.
Back To Top