Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Hadang Radang Gusi Selama Hamil

Efek negatif terhadap janin sebagai akibat dari munculnya Pregnancy Gingivitis atau radang gusi selama hamil tidak akan terjadi bila ibu menjaga kebersihan mulutnya dengan baik.

Perlu diperhatikan, jangan jadikan mitos kehamilan sebagai penghambat melakukan perawatan gigi dan gusi saat hamil.Bila anda termasuk pribadi yang takut akan mitos, bisa diskusikan bersama dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Intinya, perawatan gigi dan gusi mutlak diperlukan. Pasalnya,bahaya atau tidaknya efek radang gusi selama hamil tergantung dari pola perawatan mulut dan gigi yang dilakukan ibu.

Berikut saran yang diberikan Yulia Rachma, Ahli Gigi asal Rumah Sakit Universitas Moestope Beragama dam Klinik Matra Medika terkait perawatan gigi dan gusi saat hamil, antara lain:

Pertama, lakukan perawatan gusi dengan menyikat gigi secara perlahan dan menggunakan bulu sikat yang halus. "Kalau trauma, gusi pada ibu hamil mudah berdarah," terang Yulia. Pilih sikat gigi yang memiliki ujung kecil. Dengan bentuk sikat seperti itu, Anda bisa menjangkau bagian dalam dan sela gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan yang fokus merawat gigi dan gusi. Hindari makanan yang manis-manis, panas dan dingin. Jika Anda mengalami radang gusi selama hamil, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi anda, dan jangan mengkonsumsi obat sembarangan. Pasalnya, beberapa obat mempunyai efek samping yang merugikan bagi ibu dan bayinya.
Tag : Kehamilan
Back To Top