Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Wanita Pelopor Terapi Gangguan Kesehatan Seksual

Pertanyaan :

Siapakah wanita yang memelopori terapi gangguan kesehatan seksual? Apakah perbedaan fokus terapinya dengan pendahulunya (DR. William Masters dan Virginia Johnson)?

Jawaban :

DR. Helen Kaplan adalah wanita pelopor terapi gangguan kesehatan seksual. Ia dilahirkan di Vienna pada 6 Februari 1929, kemudian Hijrah ke Amerika Serikat pada tahun 1940 dan menjadi Warga Negara Amerika Serikat pada 1947. Ia meraih Bachelor’s Degree dalam bidang Fine Arts dari Syracuse University pada 1951 dengan predikat magna cum laude. Kemudian Helen memperoleh Master’s Degree dalam psikologi pada Universitas Columbiapada tahun 1952 dan meraih Ph. D dalam bidang psikologi pada 1955 diUniversitas Columbia pula.

Pada 1959 ia memperoleh gelar Dokter pada New York Medical College, di mana ia menyelesaikan studi komprehensif tentang psiko analisa pada 1970. Ia mendalami psikologi klinik pada rumah sakit Veterans Administration & Bronx Hospital dan berhasil meraih gelar dokter ahli kesehatan jiwa di Bellevue Hospital.

Selanjutnya Helen diangkat menjadi guru besar dalam ilmu kesehatan jiwa diNew York Hospital – Cornell Medical College Center tahun 1970.

Fokus terapi Helen yang membedakannya dengan konsep terapi Masters and Johnson adalah pada masalah emosi yang mendalam sehingga memicu gangguan kesehatan seksual. Sedangkan, Masters and Johnson dalam terapinya lebih fokus pada gangguan fisik sebagai pencetus gangguan kesehatan seksual. Sejak saat itu sex-therapy yang baru menggunakan pula analisa psikologi sebagai pendamping analisa fisik.

Helen Kaplan didampingi oleh suami, dua putra dan seorang putri ketika ia wafat pada usia 66 tahun tanggal 18 Agustus 1995 karena penyakit kanker. Dengan demikian, Helen Kaplan akan selalu dikenang sebagai wanita pertama pelopor analisa psikologis dalam sex-therapy

Sumber : www.nytimes.com, 1995 dan Hooper A., 2000
Tag : ARTIKEL
Back To Top