Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Keyakinan Andil dalam Menyembuhkan Diri Sendiri Saat Sakit

image
Sebenarnya obat bukan keharusan buat penderita demam, sebab rasa percaya pada obat demam diduga benar-benar bisa membuat penderita merasa lebih sehat dalam waktu lebih cepat, sekalipun mereka tak memperoleh obat sesungguhnya.

Menurut satu studi yang dilakukan disiarkan di Annals of Family Medicine terbitan terakhir, ada bukti bahwa apa yang disebut "dampak placebo" memberi hasil dalam pulihnya seseorang dari demam biasa, yang terkenal tak memiliki obat.

Para peneliti menulis di jurnal tersebut jika perawatan yang dipercaya orang mulai dari sop ayam sampai vitamin C takkan menimbulkan bahaya, mereka bisa terus berpegang pada pola tersebut.

"Temuan ini mendukung pendapat umum bahwa rasa percaya dan perasaan mengenai perawatan mungkin penting dan barangkali mesti dipertimbangkan ketika keputusan pengobatan diambil," tulis pemimpin peneliti tersebut Bruce Barret, dari University of Wisconsin di Madison, sebagaimana dilaporkan Reuters Life

Dampak placebo itu merujuk kepada fenomena yang terlihat dalam percobaan klinik ketika orang yang diberikan "pengobatan palsu dan tak aktif" seperti gel gula atau garam memperlihatkan peningkatan. Sejumlah kondisi telah diamati, termasuk rasa nyeri kronis, depresi, gangguan radang dan bahkan kanker.

Barrets dan rekannya secara acak meneliti 719 orang yang mengalami gejala awal demam pada salah satu dari empat kelompok.

Di satu kelompok, orang diberikan obat demam herbal Ethinacea dan tahu mereka mengonsumsinya. Dua kelompok lain diberi Echinacea atau placebo, tapi para peserta tak tahu obat yang mereka konsumsi. Kelompok keempat tak diberi satu pun dari kedua pil itu.

Secara keseluruhan, tak ada perbedaan mencolok di kalangan semua kelompok tersebut, ketika sampai pada berat atau lamanya gejala yang dialami peserta. Proses itu berlangsung selama sekitar satu pekan untuk semua kelompok.

Lalu para peneliti itu memusatkan perhatian pada 120 orang yang, saat mengikuti studi tersebut, memperlihatkan peringkat tinggi keefektivan Echinacea.

Di dalam kelompok yang percaya pada Echinacea, mereka yang diberi pil Echinacea atau placebo merasa lebih baik dalam waktu lebih cepat. Pemakai placebo pulih total dalam 2,5 hari lebih cepat ketimbang rekan mereka di kelompok tanpa pil. Sementara itu, pengguna Echinacea terbesar dari demam dalam waktu 1,5 hari lebih cepat.

Itu sesungguhnya perbedaan sangat besar. Tak ada pengobatan yang pernah terlihat mengurangi lamanya gejala demam," kata Barret.

Ia menambahkan temuan itu memperlihatkan lebih banyak bukti bahwa "apa yang orang percaya mengenai obat mereka benar-benar bermanfaat". (abd)
http://sehatnews.com
Tag : ARTIKEL
Back To Top