Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Puluhan Ribu Tanaman Obat Tumbuh di Indonesia, Sedikit yang Dimanfaatkan

image

Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati nomor dua di dunia setelah Brazil. Ada 30.000 spesies tanaman berbunga berkhasiat obat.

Sayang semuanya belum bisa dimanfaatkan dengan baik bagi kesehatan dan peningkatan kesejahteraan.

Kepala Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO-OT) Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Indah Yuning Prapti, mengatakan hal itu dalam "Seminar Sehari Manfaat Jamu Dalam Menunda Disabilitas Agar Lansia Tetap Sehat dan Bugar" di Tawangmangu, Rabu.

Pengembangan tanaman berbunga berkasiat obat yang diramu sebagi jamu mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan juga bisa meningkatkan perekonomian nasional/devisa negara, serta menciptakan lapangan kerja.

Jamu telah menjadi salah satu piihan masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan. Hasil penelitian cukup banyak yang menjelaskan hal itu, kata Indah.

Sejak bayi dalam kandungan sampai masa anak berusia dua tahun adalah masa emas 1000 hari awal kehidupan yang sangat penting, kata Ketua Yayasan Perempuan Peduli Kesehatan Usia Lanjut (Pelita Usila) Dr Dini Latief,MSc, SpGK.

Apapun yang terjadi pada "golden period" itu akan memengaruhi kualitas manusia selanjutnya. 

Dalam 20 tahun terakhir ini ditemukan bukti berdasarkan penelitian di seluruh dunia bahwa berbagai penyakit tidak menular pada usia dewasa, antara lain tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis, penyakit jantung dan pembuluh darah, terjadi karena bayi sejak dalam kandungan mengalami malnutrisi akibat ibu yang menderita anemia dan kurang gizi.

Manusia akan berumur panjang jika status kesehatannya optimal, yang ditentukan oleh faktor genetik, biologi, sosio-kultural dan lingkungan. Hal terpenting yang merupakan interaksi antara ke gita faktor selain genetik adalah menjalani kehidupan dengan pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Bupati Karanganyar Rina Iriani SR mengatakan jamu perlu dilestarikan, disamping untuk menjaga kesehatan bagi manusia, dari tanaman obat itu juga mampu menggerakan perekonomian masyarakat dipedesaan. Untuk itu kini Karanganyar juga terus mengembangkan tanaman obat-obatan seperti jahe dan lain-lain di daerah yang kurang air. (abd)
http://sehatnews.com
Tag : BERITA
Back To Top