Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Udara Panas Bisa Merusak Obat


Bila Anda perhatikan dalam kemasan obat biasanya tercantum peringatan agar menyimpan obat di tempat sejuk dan jauh dari matahari. Peringatan tersebut bukan tanpa alasan karena obat-obatan bisa rusak oleh udara yang terlalu panas.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Drug Information Service dari Butler University, diketahui suhu udara di atas 30 derajat celcius bisa merusak bahan aktif dalam obat.
Menurut Dr.Amy Peak, ahli farmasi klinik yang melakukan penelitian ini, beberapa obat-obatan yang rentan pada udara panas antara lain insulin, hormon tiroid, obat yang berkaitan dengan aerosol, inhaler, dan masih banyak lagi.
Meski beberapa produsen obat mengklaim produk mereka bisa bertahan dalam suhu di atas 30 derajat, tetapi sebaiknya Anda tetap menyimpan obat-obatan di dalam kotak yang jauh dari panas.
Bila Anda membawa obat-obatan saat bepergian, simpanlah di dalam kabin dan bukan di dalam bagasi. Jangan meninggalkan obat di dalam mobil yang terparkir karena suhu di dalam mobil bisa mencapai 71 derajat.
http://health.kompas.com
Tag : Pengobatan
Back To Top