Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Tips Merawat Mulut dan Gigi Bayi

DI masa awal kehidupan, setiap bulannya, bayi Anda akan mengalami banyak hal baru. Saat kegembiraan dirasakan kala memandang pertumbuhan bayi Anda, para ahli justru semakin semakin khawatir tentang kurangnya perawatan mulut pada balita. 
Cara Merawat Mulut dan Gigi Bayi
Dalam kebanyakan kasus, bayi biasanya akan mulai tumbuh gigi kala berusia empat sampai sembilan bulan. Anda mungkin tahu kapan bayi mulai tumbuh gigi ketika ia meneteskan air liur lebih banyak daripada biasanya, terus menempatkan jari di mulut berulang kali, dan ingin mengunyah apa saja. 

  1. Gigi pertama yang biasanya muncul adalah dua gigi depan bawah. Gunakan kain lembap untuk membersihkan gusi dan gigi dua kali sehari dengan jari Anda sampai anak berusia sekitar 1 tahun. 
  2. Ada beberapa merek sikat gigi yang sangat lembut ditujukan khusus untuk bayi. Beli pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Ini aman untuk bayi bahkan jika ia sengaja menelan sebagian pasta gigi. 
  3. Carilah sikat gigi dengan kepala kecil dan pegangan yang lebih besar yang cocok untuk tangan Anda. 
  4. Pada saat bayi berusia 1 tahun, jangan lupa untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi. Terlebih dengan risiko pembusukan gigi akibat penggunaan botol bayi yang menimbulkan risiko masalah gigi lainnya.
  5. Sikat gigi dengan lembut pada bagian luar dan permukaan dalam dua kali sehari dan jangan lupa untuk menyikat lidah juga untuk mengusir bakteri yang menyebabkan bau mulut. 
  6. Ganti segera sikat gigi segera setelah bulu mulai tidak beraturan.
http://www.mediaindonesia.com
Tag : Ibu dan Anak
Back To Top