Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Kanker Serviks dan Pencegahannya

Info Kesehatan kali ini berbicara mengenai Kanker Serviks. Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada leher rahim, yaitu daerah organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina).

Sama halnya dengan kutil kelamin, kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut kanker ini bisa menyerang ke organ - organ lain di seluruh tubuh penderita. Selain disebabkan oleh virus HPV, sel - sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat radiasi atau pencermaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

Gejala awal kanker serviks tidak mudah diamati, itu sebabnya, anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear, setiap dua tahun sekali. gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut, Gejalanya adalah:

  1. Munculnya rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan intim (contact bleeding)
  2. Keputihan yang berlebihan dan tidak normal
  3. Pendarahan di luar siklus menstruasi
  4. Penurunan berat badan drastis
  5. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung juga hambatan dalam berkemih serta pembesaran ginjal

Adapun cara mencegah kanker serviks ini yaitu:

  1. Tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti - ganti
  2. Rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif  secara seksual
  3. Melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual
  4. Memelihara kesehatan tubuh

Bagi anda yang ingin informasi tentang sakit maag bisa anda dapatkan di blog ini. Terima kasih atas kunjungan mudah-mudahan informasi yang kami berikan bermanfaat bagi semuanya.
    Tag : Kanker
    Back To Top