Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe - Ketombe merupakan masalah yang paling sering dihadapi banyak orang. Serpihan warna putih kecil yang menempel atau jatuh dikaos hitam yang dikenakan membuat kita malu dan tidak percaya diri. Belum lagi gatal-gatal yang dirasakan memperpanjang masalah pada kulit kepala kita.

Ketombe diakibatkan oleh pengelupasan sel-sel kulit mati yang berlebihan di kulit kepala, sehingga kepala terasa gatal-gatal. Adapun beberapa faktor terjadinya ketombe diantaranya adalah sebagai berikut:

Masalah kulit berminyak
Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala akan menyebabkan terjadinya ketombe, karena kulit kepala yang mempunyai minyak lebih apabila sudah kering maka akan muncul serpihan-serpihan putih sehingga ketombe bermunculan.

Masalah Keringat
Jika anda senangtiasa mendapati diri anda selalu mengeluarkan keringat baik pada saat anda melakukan aktifitas seperti olahraga dan sebagainya, sebaiknya melakukan keramas pada saat anda mandi. Karena keringat berlebihan juga dapat menimbulkan ketombe.

Jamur
Faktor lainnya timbulnya ketombe adalah faktor jamur pada kulit kepala. Apabila jamur ini dapat dihilangkan maka otomatis ketombe akan hilang pula.

Adapun faktor-faktor lainnya seperti, penggunaan minyak rambut, cuaca dingin, shampo yang tidak sesuai dengan kulit kepala, jarang keramas, kurang bersih pada saat membilas rambut kepala, strees dan gangguan hormon kesemuanya itu adalah faktor yang dapat menimbulkan ketombe.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara menghilangkan ketombe? Untuk itu info kesehatan memberikan beberapa tips cara menghilangkan ketombe secara alami. Adapun tips-tipsnya adalah sebagai  berikut:

Jeruk Nipis
Caranya tuangkan 2 sendok makan air jeruk nipis kekepala anda lalu di remas-remas dengan menggunakan kedua telapak tangan. Setelah itu ambil segelas air lalu campurkan dengan 1 sendok makan jus lemon, siramkan di rambut kepala anda diamkan beberapa menit. Bilaslah dengan air maka kepala anda akan terasa segar wangi dan ketombe mulai hilang. Ulangilah cara tersebut diatas sampai ketombe benar-benar hilang.

Cuka Putih
Setelah anda melakukan keramas, ambilah secangkir air yang telah dicampurkan dengan air cuka. Kemudian tuangkan campuran tersebut dikepala anda sambil dipijat-pijat lalu diamkan beberapa menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Anda juga dapat mencuci rambut Anda dengan satu sendok cuka yang dicampur 3 sendok makan minyak, lalu dibersihkan dengan sampo. Cara ini memberikan efek yang sama baiknya.

Santan Kelapa
Santa kelapa juga dapat menghilangkan ketombe. Caranya, campurkan santan kelapa yang diambil dari setengah butir kelapa dengan satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis dan setengah gelas air kelapa kemudian diaduk jadi satu. Gunakan campuran ini lima kali sehari pada rambut kepala lalu bersihkan dengan menggunakan shampo.

Garam
Sebelum ingin mencuci rambut anda, ambilah garam lalu taburi pada kepala anda lalu digosokkan secara merata pada kulit kepala anda. Bilaslah dengan air dan keramas dengan menggunakan shampo.

Soda Kue
Basahi sedikit rambut Anda. Ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala Anda dengan soda kue tersebut. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut Anda mungkin akan sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.

Demikianlah beberapa tips cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga info yang diberikan memberikan solusi bagi anda tentang masalah kulit kepala anda. Silahkan baca juga info kesehatan lainnya mengenai bahaya kanker payudara.
Back To Top