Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Gunung Tertinggi di Dunia . Apa ya ?

Gunung Tertinggi di Dunia Adalah Mauna Kea - Berbicara tentang gunung tertinggi di dunia, membawa ingatan saya ke 5 tahun silam saat masih SMP. Saya masih ingat sekali tugas yang diberikan guru geografi saya yang menyuruh saya untuk menghafal suatu hafalan tentang semua yang ter dan ter di dunia. Di situ saya membaca ada tulisan mount everest atau gunung everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Sebenarnya tak sepenuhnya salah bahwa gunung everest memang yang paling tinggi dengan ketinggian 8.848 m terutama jika dilakukan pengukuran dari atas permukaan laut ( from above sea level ), namun jika dilakukan pengukuran dari dasar gunung ( from its bottom/base ), maka sebetulnya yang paling tinggi bukanlah mount everest nepal tetapi Gunung Mauna Kea.


gunung mauna kea


gunung mauna kea


gunung mauna kea


gunung mauna kea

Gunung Mauna Kea adalah gunung tertinggi yang berada di hawaii USA dengan tinggi 10.203 meter namun hanya setinggi 4.205 meter di atas permukaan laut. Sekedar info, bahwa untuk mengukur ketinggian gunung, terdapat tiga cara pengukuran yaitu ;

1. Pengukuran dilakukan dari atas permukaan laut (from above sea level).
2. Pengukuran dilakukan dari dasar gunung (from its bottom/base).
3. Pengukuran dilakukan dari pusat bumi (from the center of the earth).

Jika dilakukan pengukuran dengan cara yang ke 2, maka gunung mount everest hanya berada di posisi 3 di bawah Gunung Denali ( Mount McKinley ) di Alaska dengan ketinggian antara 5,300-5,900 meters. Lebih tinggi dari Everest karena Everest berdiri di atas dataran tinggi Tibetan Plateau dengan ketinggian 5.200 meter, sehingga ketinggian dari dasar hanya 3.650 meter saja ( total 8.848 meter )
Tag : Mendunia
Back To Top