Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka - Luka adalah rusaknya kesatuan komponen jaringan pada kulit, sehingga meninggalkan bekas, memar, atau bengkak. Bekas luka dapat membuat kita kurang percaya diri, bahkan ada keinginan untuk menghilangkanya. Sebagian orang kadang tidak peduli berapa yang harus mereka keluarkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulitnya. Nah info kesehatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan bekas luka, tapi sebelumnya mari kita lihat dulu mengenai mekanisme terjadinya luka.

Mekanisme terjadinya luka ada beberapa yaitu:

  1. Luka insisi, terjadi karena teriris oleh instrument yang tajam, misalnya yang terjadi akibat pembedahan.
  2. Luka memar terjadi akibat benturan oleh suatu tekanan dan dikarakteristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, pendarahan dan bengkak. 
  3. Luka lecet terjadi akibat kulit bergesekan dengan benda lain atau benda yang tidak tajam 
  4. Luka tusuk terjadi akibat adanya benda seperti peluru atau pisau yang masuk ke dalam kulit dengan diameter yang kecil. 
  5. Luka gores terjadi akibat benda yang tajam seperti kaca, kawat dll. 
  6. Luka tembus yaitu luka yang menembus organ tubuh biasanya pada bagian awal luka masuk diameter kecil tetapi pada bagian ujung biasanya lukanya akan melebar. 

Mekanisme luka di atas sering kita temukan di masyarakat, ada bekas luka yang dapat hilang seiring berjalanya waktu namun ada juga bekas luka yang sulit dihilangkan hingga membekas pada kulit. Sebagian orang memilih cara menghilangkan bekas luka dengan produk-produk kecantikan yang memiliki resiko ketidak cocokan pada kulit, dan sebagian orang memilih cara menghilangkan bekas luka secara alami yang dinilai lebih efektif dan aman.

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami:

  1. Menghilangkan bekas luka dengan mentimun Caranya, haluskan mentimun hingga lumat, kemudian letakkan mentimun yang telah dihaluskan pada bekas luka. Lakukan ini pada malam hari. 
  2. Menghilangkan bekas luka dengan air lemon Caranya, usapkan air lemon pada bekas luka lalu diamkan hingga mengering. Air lemon bekerja seperti bahan pemutih alami, namun jangan gunakan berlebihan dan dalam jangka panjang karena cairan lemon mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. 
  3. Menghilangkan bekas luka dengan madu Caranya, oleskan madu pada bekas luka lalu biarkan semalaman, agar hasil lebih maksimal, lakukan berulang kali. 
  4. Menghilangkan bekas luka dengan teh hijau Caranya, masukkan kapas ke dalam teh hijau yang telah diseduh, lalu pijat bekas luka dengan menggunakan kapas tersebut. 
  5. Menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun Caranya, pijat bekas luka dengan menggunakan minyak zaitun beberapa kali dalam sehari. 
  6. Menghilangkan bekas luka dengan bawang putih Caranya, potong setengah suing bawang putih, lalu gosokkan pada bekas luka.
  7. Menghilangkan bekas luka dengan minyak pohon the Caranya, gosokkan minyak pohon teh pada bekas luka.
  8. Menghilangkan bekas luka dengan minyak jarak Caranya, rendam kain flannel dengan minyak jarak dan tempelkan pada bekas luka selama satu sampai dua jam di pagi dan di sore hari. 
  9. Menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya Caranya, ambil beberapa potong lidah buaya lalu cuci bersih. Kupas kulit lidah buaya lalu ambil gelnya, oleskan gel tersebut pada area kulit yang terluka. Cara ini sangat efektif untuk mencegah pembentukan luka permanen khususnya luka bakar ringan. 
  10. Menghilangkan bekas luka dengan daun mint Caranya, haluskan daun mint yang masih segar dan sudah dicuci bersih, lalu tempelkan pada bekas luka. 

Dari info diatas, pilihlah yang terbaik cara menghilangkan bekas luka menurut Anda, Selamat mencoba. Anda juga dapat membaca info lainnya mengenai pengertian HIV Aids
Back To Top