Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Sindrom Langka Membuat Pria Merasa Hamil

Sindrom Langka Membuat Pria Merasa Hamil



Pada awal masa kehamilan, wanita seringkali merasakan mual dan sakit kepala pada pagi hari hingga tak jarang menyebabkan muntah. Peningkatan hormon estrogen adalah penyebab sindrom yang disebut morning sickness ini.

Namun hal tersebut juga dirasakan oleh Mike Dowdall, pria berusia 25 tahun asal Manchester, Inggris. Sebagaimana istrinya Amanda Bennett yang tengah hamil muda, Mike pun merasakan mual setiap pagi dan memaksanya berlari ke toilet setelah bangun tidur. Perilakunya tersebut membuat Amanda heran, ia mengira Mike hanyalah membuat lelucon. Namun kejadian tersebut berlangsung lama dan rutin.

Lalu Mike berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih jelas apa penyebabnya, dan diketahui Mike mengalami sindrom Couvade. Sindrom langka ini bisa menyebabkan seorang pria seolah sedang mengalami kehamilan. 



Perubahan fisik seperti perut membengkak, peningkatan berat badan, muka merah, ngidam dan cepat lelah, juga dirasakan Mike. Dalam tahap lanjut, penderita bisa mengeluhkan kram perut, kehilangan nafsu makan, sakit gigi, mimisan dan gatal. Gejala tersebut akan menghilang setelah kelahiran bayi. Penyebab sindrom ini belum diketahui secara rinci. 

Perkiraan beberapa ahli, sindrom Couvade muncul dari kondisi psikosomatik (gangguan jiwa ringan) yang disebabkan oleh faktor kecemasan pria atau karena adanya ikatan batin antara pasangan.
Back To Top