Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Manfaat Akar Manis Dalam Dunia Kesehatan Dan Kuliner

satu Manfaat akar manis yang baik untuk penderita diabetes

Manfaat akar manis :: Akar manis adalah sejenis tanaman polong-polongan. Tanaman yang dalam bahasa yunani kuno dinamakan “ Liquorice” ini diperkirakan berasal dari eropa bagian selatan dan sebagian asia.
Akar manis akan tumbuh dengan baik di area tanah yang dalam, subur, mengandung cukup air dan banyak sinar matahari. Lama panen berkisar antara 2 hingga 3 tahun setelah penanaman. 

Ciri –ciri umum dari tanaman ini antara lain : 
  1. Pohon berbentuk terna dengan kemampuan tumbuh bisa mencapai satu meter tingginya.
  2. Daun tumbuh menyerupa sayap ( pinnate) dengan ukuran panjang antara 7-15 cm. Daun ini tersusun dalam satu cabang 9 – 17 helai.
  3. Bagian bunga tumbuh berkelompok dalam satu cabang ( inflorescen). Bunga memiliki warna keungguan mendekati putih kebiru-biruan, panjang bunga 0,8-1,2 cm.
  4. Buah akar wangi berpolong berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, buah mengandung biji.
Klasifikasi dari tanaman akar manis

Kerajaan
:
Plantae
Divisi
:
Magnoliophyta
Kelas
:
Magnoliopsida
Ordo
:
Fabales
Famili
:
Fabaceae
Upafamili
:
Faboideae
Bangsa
:
Galegeae
Genus
:
Glycyrrhiza

Manfaat akar manis

Manfaat akar manis bisa dirasakan baik dalam dunia kuliner maupun pengobatan.
Pemanfaatan akar manis dilakukan dengan mencampurkan langsung akar manis kedalam masakan atau dengan cara mengambil ekstrak dari bagian akar. Caranya yaitu dengan merebus akar dari tanaman akar manis lalu menguapkan airnya. Bagian akar mengandung zat yang disebut Glycyrrhizin, Ciri khas dri zat ini yaitu memiliki rasa manis, Dimana tingkat kemanisannya diklaim 50 x lebih manis dari gula.
Dalam dunia kuliner, pemanfaatan ekstrak akar manis yaitu digunakan sebagai bahan pembuatan permen untuk pelega tenggorokan. Pemanfaat Akar manis sebagai tanaman obat yaitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Max planck ( institute Berlin Jerman) menemukan bahwa akar manis mengandung zat anti diabetes, zat ini dinamakan amorfrutin. Selain itu, zat ini juga ternyata memiliki fungsi anti inflamasi dan dapat ditoleransi sangat baik oleh tubuh manusia.
Demikian ulasan singkat mengenai manfaat akar manis dalam dunia pengobatan dan kuliner, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua simak juga artikel kami lainnya tentang manfaat bawang merah sebagai tanmaan obat

sumber : id.wikipedia.org/wiki/Akar_manis
Back To Top