Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Tanaman jintan Atau Ajeran

Tanaman jintan hitam untuk pengobatan berbagai jenis penyakit

Tanaman Jintan ( Coleus amboinicus. Lour) Adalah salah satu tanaman obat yang masih tergolong kedalam rumput-rumputan. Jintan yang didaerah sunda dikenal dengan nama ajeran memiliki nama berbeda untuk setiap daerahnya seperti Golong (flores), Daun jinten (jawa), Iwak(bali),Kuwuetu (timor), dan Majanereng (Madura).

Tanaman jintan masuk kedalam famili Labiatae , terbagi kedalam dua varietas yaitu jintan hitam dan Jintan putih.
Ciri-ciri dari tanaman jintan antara lain :
  • Tumbuh di daerah ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.
  • Batang dan tangkai berkayu, lunak, mengandung air.
  • Daun menyerupai bed pingpong, bagian tapi daun bergerigi, memiliki aroma khas,bagian ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan.

Gambar tanaman jintan hitam untuk anda ketahui

Perkembang biakan tanaman jintan dilakukan bisa dilakukan melalui biji maupun cara stek. Medium penanaman bisa dilakukan dalam pot atau langsung ditanam di tanah pekarangan. Kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang cukup dan tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari adalah lokasi terbaik untuk pertumbuhan tanaman jintan.

Manfaat Tanaman Jintan

Dalam tanaman jintan terkandung unsur kimia Phytosterin-B, Unsur ini memiliki rasa pahit, agak dingin.Unsur kimia ini berfungsi untuk menurunkan panas, anti radang, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, serta menghentikan pendarahan.

Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah biji baik sebagai bahan rempah dapur ataupun obat. Beberapa penyakit yang bisa diobati jintan sebagai tanaman obat antara lain sakit kepala, asma dan batuk, sariawan, borok, perut kembung, dan demam.
Demikian ulasan singkat mengenai Tanaman Jintan Atau Ajeran. Semoga bisa sedikit memberikan informasi untuk anda. untuk mengetahui manfaat jintan hitam sebagai salah satu jenis tanaman jintan, silahkan kunjungi artikel kami yang mengulasnya
Back To Top