Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Resiko mengkonsumsi buah-buahan

buah buahanBuah-buahan yang selama ini kita ketahui sangat bagus untuk kesehatan, baca (Khasiat buah-buahan). Namuan ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bahwa ada beberapa jenis buah-buahan tertentu yang justru bersifat sebaliknya, dapat memberikan kesan negatif bagi kesehatan kita, sebagi contohnya orang yang mengalami sakit paru-paru dapat mengalami batuk yang sangat parah jika mengkonsum buah pisang embuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit. Contoh lainnya buah kuini sangat tidak cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang mangalami batuk, karena dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal dan batuk akan menjadi bertambah parah, bila cuaca panas atau pada saat musim panas tubuh kita sangat cocok untuk mengkonsumsi buah tembikai, namun bagi wanita yang baru melahirkan tidak dianjurkan karena dapat membuatkan tubuh menjadi sejuk, buah durian sangat tidak cocok untuk dikonsumsi dimusim panas karena dapat menyebabkan sakit tenggorokan.
Gula merupakan suatu zat yang sangat bagus untuk memberikan bekalan tenaga bagi tubuh, namun jika berlebihan ini tentunya sangat tidak bagus untuk kesehatan kita. Pakar nutrisi sering kita dengar nasehatnya untuk mengurangi mengkunsi gula pasir dan dan gula buah-buahan secara berlebih-lebihan, ini tentunya beralasan karena gula cepat masuk kedalam darah dan menjadi sumber tenaga yang cerpat dapat digunakan, peningkatan kandungan gula dalam darah secara mendadak ini bermakna juga kangdungan gula juga akan turun secara cepat. Keadaan yang demikian tentu akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes dan obesiti. Kandungan gula dalam darah memang sangat diperlukan namun dalam tahap yang seimbang supaya tenaga yang diberikan tidak terlalu besar dan mampu untu menstabilkan fikiran dan perasaan. Faktor ini sangat penting untuk memudahkan penghasialan insulin yang dapat untuk mengganti gula menjadi tenaga, kemungkinan menjadi gemuk akan berkurang karena karena kita akan kurang merasa lapar, apabila kandungan gula didalam darah turun terlalu cepat, makan terlalu banyak gula dan sedikit serat ini berkaitan dengan masalah peningkatan lemak didalam darah, obesiti, tahan estrogen meningkat dan seterusnya dapat menambah kemungkian akan terserang kangker payudara.
Bila kandungan gula didalam tubuh sudah seimbang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari secara berlebih-lebihan. Minum jus apel telalu banyak setiap hari dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh terutama bagi kanan-kanak.
Zat serabut tidak dapat diair ini tentunya dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman, makan buah-buahan yang kaya akan serabut juga dapat menyebabkan kandungan gula dalam darah meningkat, zat serabut yang berlebihan menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi, kalsium dan zink dari makanan, sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurang zat besi, kalsium dan zink dan kelebihan zat serabut ini tentu tubuh menjadi tidak seimbang.
Jadi diharapakan dengan kita mengetahui resiko mengkonsumsi buah-buahan kita menjadi lebih teratur dalam mengkonsumsinya walaupun kita ketahui khasiat buah-buahan sangat banyak dan bagus untuk kesehatan kita namun jika dikonsumsi dengan cara berlebih-lebihan tentu akan menjadi sebaliknya.
Sumber gambar : http://istanatogapuri.com/?attachment_id=1005
Back To Top