Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Tips Mengobati Tangan Terkilir Dengan Tepat

Cara Mengobati Tangan Terkilir Dengan Tepat

Mungkin sebagai orang awam, pertolongan pertama kita kalo tangan terkilir itu dipijet/diurut. Sebenernya dengan cara itu malah memperburuk keadaan tangan yang sedang terkilir. Penyembuhan alami dari otot akan menjadi lebih lama. Dan akhirnya aktivitas kita terganggu lebih lama.


Cara yang tepat untuk mengobati tangan terkilir yakni menggunakan metode RICE

R : Rest = istirahat

Setelah moment terkilirnya tangan yang dibutuhkan adalah istirahat. Mengistirahatkan tangan yang tegang akibat aktivitas sebelumnya.

I : Ices = es

Setelah mengistirahatkan tangan yang terkilir sekanjutnya yang dilakukan adalah mengompresnya. Kompres dengan sekantung es di lapisi kain selama 2-3 menit 3 kali sehari pengulangan hingga kurang lebih 3 hari setelah moment. Gunanya untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat terkilir.

C : Compress = kompres atau penekanan pada daerah terkilir

Penekanan pada daerah terkilir menggunakan perban khusus (ace bandage). Balut daerah terkilir dengan nyaman, tidak terlalu ketat tidak terlalu lemah.

E : Elevation = posisi
Pengangkat bagian yang terkilir lebih tinggi di atas jantung atau dada selama 3 hari untuk memudahkan kembalinya darah dan untuk mengurangi pembengkakan. Misalnya jika yang terkilir di lutut, upayakan posisi tidur lutut diangkat atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung. Teknik ini mengacu pada prinsip bejana berhubungan dan berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian yang terkilir.

demikian cara mengatasi tangan terkilir, dan semoga lekas sembuh. trimakasih sudah berkunjung di blog ini.
Tag : Lain-Lain
Back To Top