Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

INFO PENYAKIT ABSES


Abses merupakan infeksi kulit dengan gejala yang khas berupa kantong berisi nanah. Penyakit kulit ini disebabkan oleh bakteri streptokokus ( Streptococcus ) dan Stafilokokus ( Sthapylococcus ). Penyakit ini lebih sering terjadi pada iklim panas. Kurangnya kebersihan dan Kesehatan, diabetes mellitus, dan malnutrisi mempermudah terjangkitnya penyakit ini.


Apa Gejala Awal dari Abses ?

Beberapa gejala penyerta dari Asbses seperti demam, mula-mula muncul benjolan kecil yang selanjutnya meluas kesamping dan kebawah, serta menimbulkan benjolan merah berisi nanah ( pus ). Abses biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, belakang telinga dan wajah.


Bagaimana Mencegah dan Mengobati Abses ?

Pengobatan dapat dilakukan secara sistemik dan topikal. Pengobatan sistemik dilakukan dengan memberikan antibiotika seperti penisillin. Pengobatan topikal dapat dilakukan dengan mengompresnya dengan menggunakan KMnO4.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh terutama kebersihan kulit. Selain itu, hindari faktor yang mempermudah terjangkinya penyakit ini misalnya diabetes mellitusserta berusaha meningkatkan status gizi.
Back To Top