Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kecantikan Terbaru 2017

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur – Mengorok ketika tertidur adalah hal yang menjadi masalah bagi setiap orang. Tak hanya bagi dirinya sendiri, mengorok juga mengganggu kualitas tidur seseorang yang berada di sekitar  anda. Dengan mengeluarkan bunyi yang berisik ketika tertidur, secara otomatis daya tubuh anda tidak akan menerima waktu istirahat yang  sempurna karena kerja otot dan otak yang lebih besar di bawah alam bawah sadar ketika anda sedang tertidur.

 Berikut kami telah merangkum beberapa tips untuk mengatasi Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur.

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur


Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

1. Mengubah Posisi Tidur.

Tidur dengan posisi yang salah bisa menjadi faktor anda mengorok ketika tertidur. Jangan tidur dengan posisi terlentang, sebab hal tersebut bisa menyebabkan aliran udara pada pernafasan anda mengalami penyempitan yang diakibatkan oleh lidah yang tertarik secara terpaksa ke belakang. Tidur dengan posisi miring  jauh lebih baik daripada tidur dengan posisi terlentang.(baca juga: Cara Menghilangkan Koreng Di Kaki )

2. Rutin Membersihkan Sinus.

Sinus yang bersih akan membantu mencegah keluarnya suara megorok ketika tertidur. Sebaliknya, jika anda jarang membersihkan sinus di hidung, hal tersebut akan mengakibatkan tersumbatnya alirang udara, sehingga anda akan merasa sulit untuk bernafas saat tidur, akhirnya anda akan mengorok. Rutinlah membersihkan sinus hidung minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Aturlah Suhu Ruangan Di Kamar Anda.

Terlalu keringnya suhu di dalam ruangan anda, akan memperparah suara dengkuran yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan yang sedang, yaitu tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab. Pastikan sirkulasi udara yang masuk di ruangan anda bisa terhirup sempurna ketika anda tertidur. Buatlah sekat – sekat di ruangan anda, jangan tidur di ruangan yang terlalu sempit sehingga membuat anda sesak untuk bernafas.

4. Lakukan Senam Tenggorokan.

Tidur mengorok juga diakibatkan oleh tegangnya otot – otot di tenggorokan, sehingga sirkulasi udara yang masuk ke hidung tidak bisa terhirup sempurna. Sebelum tidur, sebaiknya anda melakukan senam tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meregangkan rahang secara bolak – balik ke satu sisi menuju sisi yang berlawanan. Hal tersebut akan membuat otot – otot di tenggorokan anda menjadi lebih longgar.

5. Diet.

Mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan juga bisa membantu anda untuk menghilangkan dengkuran. Sebaiknya anda tidak makan atau mengemil sebelum tidur. Pilih dan perhatikan makanan apa sajakah yang akan di serap  oleh tubuh anda. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengurangi ngorok yang sering anda alami saat tidur, ada baiknya anda banyak memasukkan menur sayur dan buah ke dalam asupan makanan anda sehari – hari.

6. Jangan Mengkonsumsi Alkohol Dan Obat Penenang Sebelum Tidur.

Menghindari obat – obatan seperti obat penenang dan alkohol akan membantu anda lebih cepat untuk mengurangi kebiasaan mengorok. Alkohol dan obat – obat penenang mengandung zat yang justru bisa membahayakan kinerja perut. Sehingga lambung akan terasa penuh dan sirkulasi udara menuju tenggorokan menjadi kurang terkontrol, akhirnya anda akan tidur dengan mengeluarkan suara dengkuran yang jauh lebih keras.


Apabila anda ingin segera terbebas dari suara dengkuran atau mengorok ketika tertidur, ada baiknya anda menerapkan tips yang sudah kami sajikan diatas mengenai  Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur.




Back To Top